Sabtu, 06 Januari 2018

RPP TINA&ELI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah              :                                                                      
Mata pelajaran              : Tematik
Kelas / Semester          : IV / I (satu)
Alokasi Waktu              : 6 JP
Tema                            : Indahnya Kebersamaan
Subtema                      : Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran               : 4 (Empat)


I.        Kompetensi Inti
      3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain

4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

II.      Kompetensi Dasar
PPKn
3.1   Memahami makna dan keterkaitan simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh
4.1   Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
3.5   Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5   Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
3.5   Memahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indra pendengaran
4.4   Menyajikan hasil percobaan atau observasi tentang bunyi

III.    Indikator
PPKn
1.         Menceritakan pengalaman mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Ilmu PengetahuanSosial(IPS)
1.         Menceritakan pengalamannya menjaga keharmonisan hubungan dengan teman sebagai pengamalan nilai-nilai Pancasila

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
1.     Menjelaskan sumber bunyi dalam bentuk tulisan
2.     Membandingkan bunyi yang dihasilkan oleh benda yang bergetar

IV.      Tujuan Pembelajaran
1.         Setelah membaca teks dan bereksplorasi dengan benda-benda sekitar, siswa dapat menjelaskan sumber bunyi dalam bentuk tulisan.
2.         Setelah bereksplorasi dengan benda-benda sekitar, siswa dapat membandingkan bunyi yang dihasilkan oleh benda yang bergetar.
3.         Setelah berdiskusi siswa dapat menceritakan pengalamannya mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

V.        Materi Pembelajaran
·           Mengenal alat musik tradisional
       ·           Bereksplorasi tentang sumber bunyi
       ·           Berkreasi dengan bunyi
       ·           Bercerita tentang pengamalan nilai-nilai Pancasila

          VI.    Metode Pembelajaran
a.    Ceramah
b.    Diskusi
c.    Tanya jawab
d.    Bermain Peran
e.    Penugasan

       VII.    Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
PENDAHULUAN


·      Mengkondisikan kelas pada situasi belajar
·      Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran
·      Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
20 menit
INTI
·      Siswa membaca dan memahami informasi teks tentang Alat Musik Tradisional.
·      Berdasarkan pengetahuan yang didapat dari teks bacaan, siswa diminta menyebutkan
·      alat musik yang diketahuinya serta cara memainkan alat tersebut.
Jenis-Jenis Alat Musik
Berdasarkan Cara Memainkannya
a.  Alat musik tiup, yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup.
     Contoh: recorder, flute, horn, tuba, seruling, harmonika, trompet, pianika, saksofon, klarinet, dan lain-lain.
b.  Alat musik gesek, yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara digesek.
   Contoh: cello, biola, rebab, kontra bas, dan
lain-lain.ema 1:
c.   Alat musik petik, yaitu alat musik yang di mainkan dengan cara dipetik.
Contoh: gitar, bas, mandolin, sasando, ukulele, harpa, siter, banjo, dan lain-lain.
d.   Alat musik pukul, yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul.
Alat musik pukul ada dua macam:
1.  Alat musik pukul bernada
Contoh: kulintang, perangkat gamelan, calung, arumba, bellira, vibraphone, xylophone, glockenspiel, dan lain-lain.
2.  Alat musik pukul tak bernada
Contoh: gendang, ketipung, rebana, gong, tamborin, symbal, triangle, tympani, kastanyet, pauken, drum set, dan lain-lain.
e.   Alat musik tekan, yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara ditekan.
Contoh: piano, organ, keyboard dan lain-lain.
·      Siswa bereksplorasi dengan berbagai sumber bunyi dari benda-benda di sekitar. Hasil eksplorasi dituliskan pada tabel pada buku siswa.
·      Guru menyiapkan benda-benda yang dibunyikan dengan cara:
1. Ditiup: peluit
2. Digesek: sisir
3. Dipetik: karet
4. Ditekan: mainan anak
·      Siswa mengamati tabel dan mengambil kesimpulan dari kegiatan yang dilakukan.
·      Guru membantu siswa untuk menemukan kesimpulan yang sesuai harapan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan seperti:
a.   Apakah semua benda yang kalian amati memiliki bunyi?
b.   Dengan cara apakah benda itu dapat berbunyi?
c.   Apa yang kalian rasakan pada kulit kalian saat kalian membuat benda itu berbunyi?
d.   Apa yang kalian simpulkan dari kegiatan ini?
·      Guru mengelompokkan siswa berdasarkan cara membunyikan benda.
·      Guru menyiapkan benda-benda dari peralatan dapur atau lainnya.
·      Guru membimbing siswa bermain musik dengan alat-alat yang ada. Guru mengajak
·      siswa menyanyikan lagu yang dikenal dengan iringan musik buatan.
·      Siswa dikenalkan dengan konsep harmoni dalam
·      bermusik.
·      Siswa mendikusikan makna harmoni dalam kehidupan
·      sehari-hari.
·      Siswa mendiskusikan manfaat mengaplikasikan sikap harmoni dalam kehidupan berbangsa dan bertanah air (persatuan dalam keberagaman).
·      Siswa menceritakan sikap harmoni dengan makna yang terkandung dalam sila Pancasila.
160 menit
PENUTUP
·      Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan hasil pembelajaran
·      Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan soal-soal
·      Guru memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran
·      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan tugas kepada peserta didik.
30 menit

       VIII.    Alat dan Sumber Belajar
  1.    Berbagai jenis benda yang menghasilkan bunyi seperti botol, sendok, tutup panci, dan lain-lain.
2.  Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas IV, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta.

  IX.      Penilaian dan Program Tindak Lanjut:
        1.  Instrumen Penilaian:
   a.    Penilaian unjuk kerja
   b.    Penilaian sikap selama bekerja kelompok.

2.  Program Tindak Lanjut:
a. Remedial, bagi siswa yang memperoleh nilai KD < KKM :
     ·      Mengikuti program pembelajaran kembali dengan memberikan pembahasan soal-soal uji kompetensi (menjelaskan kembali penyelesaian soal-soal).
     ·      Memberikan tugas yang berkaitan dengan indikator atau kompetensi dasar yang belum tuntas.
     ·      Melakukan uji pemahaman ulang (ujian perbaikan) sesuai dengan indikator/ kompetensi dasar yang belum tuntas.

b. Pengayaan bagi siswa yang memperoleh nilai KD > KKM:
     ·   Memberikan program pembelajaran tambahan berupa pembahasan soal-soal yang bervariasi dengan memberikan pembahasan soal-soal uji kompetensi (menjelaskan kembali penyelesaian soal-soal).




Menyetujui
Kepala Sekolah,





................................



Pati, 14 Juli 2014        
Penyusun,





.............................................






Lampiran Penilaian

A.  Penilaian
1.     Daftar periksa eksplorasi benda yang menghasilkan bunyi. (IPA)

Kriteria
Keterangan
Sudah
Belum
Aku sudah dapat menyebutkan 5 benda yang menghasilkan bunyi.
Aku sudah dapat menyebutkan cara menghasilkan bunyi dari 5 benda yang diminta.
Aku dapat menuliskan kesimpulan dari hasil percobaan.

2. Daftar periksa cerita pengamalan nilai-nilai Pancasila. (IPS dan PPKn)

Kriteria
Keterangan
Sudah
Belum
Isi cerita sesuai dengan tema.
Isi cerita dihubungkan dengan pengamalan nilai-nilai Pancasila.

3.    Rubrik Diskusi

Kriteria
Bagus Sekali
Cukup
Berlatih lagi
Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.
(3)
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.
(2) 1
Masih perlu
diingatkan untuk mendengarkan
teman yang sedang berbicara.
(1)
Komunikasi nonverbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
Merespons dan menerapkan komunikasi nonverbal dengan tepat.
(3) 1
Merespons dengan tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
(2)
Membutuhkan
bantuan dalam memahami bentuk komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
(1)
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.
(3)
Berbicara dan menerangkan secara
rinci, Merespons sesuai dengan topik.
(2)
Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung.
(1) 1
Keruntutan berbicara
Menyampaikan pendapatnya secara runtut dari awal hingga akhir.
(3)
Menyampaikan pendapatnya secara runtut, tetapi belum konsisten.
(2) 1
Masih perlu berlatih untuk berbicara
secara runtut.
(1)


B.  Penilaian Sikap.
NO.
NIS
Nama Siswa
Skor perolehan setiap aspek
Nilai
Predikat



1
2
3
4
5
6
7
8


1
2
3
4
5



Aspek yang dinilai:
1.    Disiplin
2.    Peduli
4.    Ketelitian
5.    Kerja sama6.    Santun
7.    Percaya d8.    Keb
Rentang skor 1 - 5
1 = sangat kurang
2 = kurang/jarang
3 = cukup
4 = baik/sering
5 = sangat baik/sangat sering

Pedoman Penilaian:
1.         Jumlah skor 31-40 = Tinggi
2.    Jumlah skor 21-30 = Sedang
3.    Jumlah skor 10-20 = Rend


X. Refleksi:

1.      Hari ini, Aku tahu?
            ·      Menjelaskan sumber bunyi dalam bentuk tulisan

2.       Hari ini, Aku melakukan?
       ·           Menceritakan pengalaman mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
       ·           Menceritakan pengalamannya menjaga keharmonisan hubungan dengan teman sebagai pengamalan nilai-nilai Pancasila
       ·           Membandingkan bunyi yang dihasilkan oleh benda yang bergetar

3.    Hari ini, Aku bersikap?
     ·      Bertanggung jawab karena semua tugas dan kewajiban yang mesti aku lakukan terselesaikan.
     ·      Disiplin, karena tertib mengikuti instruksi.
     ·      Peduli, karena bisa menjaga ketenangan (terutama) ketika melakukan doa.
     ·      Santun, karena dalam mengucapkan dan mengambil posisi ketika berdoa dengan benar



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALAT PERAGA (BENTUK LUAR DAN FUNGSI PADA HEWAN DAN TUMBUHAN)

 Nama Kelompok : NADJE MIRA (1505115085) HAQIKI TRI MEGA HARDINA (1505115111) Mata Pelajaran : IPA Kelas : IV Kompetens...